Cara Mencari Keyword Yang Tepat Untuk Posting

Mungkin diantara sobat semua pernah mengalami membuat postingan dengan panjang ratusan kata, namun tidak mampu duduk di rangking #1 Google. Kejadian lainnya ada juga yang membuat postingan, sudah nongol di rangking #1 namun pengunjung minim.

Mari kita kembali mengingat apa yang salah? Kenapa situs yang sudah berada di number one tapi malah minim pengunjung. Jika hanya sekilas artikel yang kita buat sudah sempurna, namun kita tidak pernah tahu bahwa "Kata kunci" yang kita gunakan sunyi pengunjung atau malah punya banyak pesaing yang tentu saja lebih jago dalam ilmu SEO.

Keyword adalah sebuah cara orang menemukan kita di situs penelusuran, entah itu Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lainnya. Semua mesin pencari menggunakan keyword untuk menyajikan konten kepada penggunanya. Simple saja "Kita sebagai pembuat keywordnya" - "Google mengumpulkan datanya"-"Pengguna Google mencari dengan keyword yang sama dengan yang kita buat"-"Google menyajikan situs kita untuk dibaca penggunanya". Namun bukan kita yang menciptakan keyword, sebagai penulis blog kita menjadi seorang koki yang memasak keyword dan siap untuk dihidangkan. Oleh sebab itu sebagai koki kita harus tahu bahwa para pelanggan kita mau masakan apa..? Oleh sebab itu sebagai koki di dunia Blogging saya memilih untuk mencari tahu masakan yang paling digemari oleh para pelanggan.

Maka jika sobat berkeinginan menjadi yang nomor satu dan membawa semua pengunjung organik ke situs sobat, maka ada baiknya sobat sebelum melakukan posting melakukan Riset kata kunci Google dulu, agar sobat tahu bahwa berapa jumlah pencari dari kata kunci tersebut, seberapa ketat musuh anda dalam menargetkan kata kunci tersebut. Semuanya perlu dilakukan setidaknya sobat mampu nangkring di Page 1 halaman Google dengan kata kunci populer maka walau bukan rangking 1 namun jumlah pengunjung tidak bisa diragukan lagi.

Langkah langkah melakukan Riset Keyword

Mencari keyword yang paling banyak dicari, dengan menggunakan bantuan tool:

Google Keyword Planner adalah sebuah alat yang gratis tanpa biaya sama sekali, untuk menggunakan ini kamu perlu mendaftar Adwords. Sebuah layanan untuk mengiklan sesuatu milik Google. Namun tenang saja anda tidak diharuskan menerbitkan iklan jika menggunakan Adwords, karena tujuan kita adalah memanfaatkan alat Keyword Planner ini untuk melihat jumlah angka dari orang orang yang mencari keyword yang ingin kita bidik. Jika jumlahnya sedikit tentu harus kita tinggalkan keyword tersebut.

Google Search Engine Nah saya tidak menggunakan bantuan tool yang macam macam untuk mencari kata kunci (keyword), saya hanya menggunakan search engine untuk mencari kata kunci turunan. Misalkan saya ingin posting mengenai cara membuat donat, maka saya menggunakan keyword "Buat Donat" maka akan ada saran lain disearch engine. Nah saran ini yang akan saya ambil dan saya gunakan untuk di lakukan Riset Keyword.
melakukan riset kata kunci menggunakan google search


Nah untuk memulai mencari keyword andalan untuk posting, maka terlebih dulu kamu memikirkan sebuah ide untuk menulis. Misalkan saya punya ide menulis cara cara membuat donat, maka saya akan cari keyword turunannya dulu di Google Search Engine baru kemudian melakukan riset kata kuncinya di Google keyword planner. Saya mengambil dua buah kata kunci yang saya rasa cocok dan saya lakukan cek kedua keyword tersebut, berapa orang kah yang mencari artikel dengan keyword pilihan saya tersebut.
cara mencari keyword yang paling banyak dicari orang
warna hitam adalah keyword bidikan saya dan merah adalah jumlah pencari artikel dengan keyword tersebut

Ketika sebuah kata kunci (keyword) sudah kita miliki, kita tidak bisa juga langsung menggunakannya terlebih lagi jika memang situs kita masih seumur jagung, tentu kita akan kalah bersaing dengan situs yang sudah lawas dan sudah mempunyai hubungan baik dengan Google. Dalam artian situs tersebut sudah dipercayai Google dan ada banyak backlink yang situs saingan kita tersebut miliki. Jika mereka yang sudah mempunyai situs berumur maka mudah saja untuk melakukan posting dengan keyword yang sudah mereka miliki.

Untuk itu mari kita butuhkan sebuah ekstensi browser yang bisa digunakan untuk Google Chrome atau pun Mozilla Firefox, ekstensi
browser ini berguna untuk melihat kekuatan sebuah situs secara mendetail. Nama ekstensi browser untuk melihat kekuatan situs saingan adalah ekstensi bernama Seoquake, sebenarnya ada yang lain namun saya lebih familiar dengan ekstensi yang ini untuk melakukan riset keyword sampai mendalam. Cara menggunakan nya mudah saja kamu perlu mendownload ekstensi browser Seoquake nya dan ketika kamu mencari sesuatu di Google dalam keadaan On ekstensi browser Seoquake akan menunjukkan detail situs tersebut.
melihat secara mendetail situs saingan dengan seoquake
Di situ anda bisa melihat sendiri ada bagaimana kekuatan website saingan saya yang sudah nampang di rangking 1 page 1.
Kemungkinan saya mampu mengalahkannya dari rangking 1 minim, namun untuk bisa ke page 1 masih ada kesempatan karena dibawah situs saingan saya itu semuanya situs biasa saja dengan backlink yang masih terbilang kecil.
Di Seoquake ada beberapa simbol kan anda lihat di dalam garis merah yang saya buat, petunjuknya adalah:
Simbol G (Google) : Adalah jumlah halaman mereka yang telah di index Google
Simbol L: Adalah jumlah backlink menuju postingan tersebut.
Simbol LD adalah: Backlink yang situs ini miliki semuanya.
Simbol B (warna kuning): Jumlah halaman mereka yang terindex oleh mesin pencari Bing
Simbol A (warna biru): Adalah rangking mereka di Alexa.

Dalam menentukan apakah musuh kita kuat atau tidaknya, kita bisa melihat backlink yang pertama. Karena backlink yang menetukan apakah situs tersebut populer atau tidaknya di mata Google. Backlink seperti yang kita ketahui adalah sebuah link aktif yang menuju situs tersebut dan mirip seperti sebuah vote untuk situs tersebut. Semakin banyak maka tentu saja semakin bagus. Saingan dengan backlink yang ribuan patut anda pikirkan karena bakalan susah untuk mengalahkannya.

Cara Mencari Keyword pun sudah saya jelaskan untuk anda dan juga cara melakukan riset dari keyword tersebut, jika sudah memiliki keyword tersebut maka anda bisa langsung membuat postingan. Karena kekuatan yang sebenarnya adalah sebuah konten dari postingan anda dan bukan sekedar keyword semata. Cara memasukan keyword dalam postingan nanti akan saya tulis lain waktu lagi. Karena aturan dalam memasukan keyword dalam postingan ada banyak dan tidak di anjurkan membuat nya menjadi berlebihan namun tidak baik juga jika terlalu minim kata kunci (keyword), oleh sebab itu memasukan keyword lebih baik langsung di letakkan di daerah vital di dalam konten postingan situs anda. Untuk lebih jelasnya nanti saja saya hanya memperingatkan hal hal pentingnya saja biar tidak salah, saya sendiri masih menyusun postingan selanjutnya yang akan menjadi kelanjutan dari postingan cara melakukan riset keyword ini. Dan semoga saja cepat selesai.