Motor Tersendat Sendat Saat Gas Tinggi

Gejala ini baru saja di alami motor bapak saya, motor supra x 125 jadul miliknya membuat masalah. Tadi ceritanya saya pinjam motor nya untuk ke warung, maklum anak muda saya iseng-iseng saya geber gas nya sampai fuel di mulai dari transmisi 2. Setelah saya masukan ke transmisi 3, saya binggu kenapa motor tersebut kok brebet seperti mau kehabisan bensin, saya turunin gas baru itu motor jalan normal.

Setelah saya cek karena memang sangat menganggu karena tidak bisa di bawa jalan cepat, saya sengaja setel angin di karburator nya tetapi kok masih saja ? hingga akhirnya ada salah seorang teman menyarankan membuka filter udara nya. Ketika sudah di bersihkan, sampai saat ini itu motor sudah gagah di ajak di putaran gas full.

Bagi sobat yang mengalami penyakit motor brebet yang sama, ini saya punya beberapa solusi mengatasinya. Ini sebagian dari pengalaman dan juga sebagian nya dari Google juga sih, yang sengaja saya rangkum biar lengkap.

Masalah Pada Filter Udara.

Karena memang saya tadi mengalami masalah pada bagian filter udara, maka ini yang pertama saya uraikan. Filter udara tentu nya mempunyai peran vital untuk sebuah motor, untuk memberikan udara (oksigen) yang bersih tidak tercampur partikel partikel kecil seperti debu, kerikil, becek, air, dll. Namun kebanyakan orang tidak memperhatikan bagian yang satu ini, contohnya saja Bapak saya dari awal beli itu motor tidak pernah sama sekali beliau membongkar bagian filter udara nya. Padahal bagian ini kalau kotor ada banyak macam debu, kerikil, dan air biasa nya yg menyumpat pori pori filter udara nya. Itu berakibat kurang nya suplai udara yang masuk ke dalam karburator sehingga pembakaran tidak sempurna.
Solusi nya, jelas kamu bongkar filter udara (saringan udara) yang biasanya di dekat karburator dan terhubung langsung ke karburator. Dalam membersihkan, jangan menggunakan air namun bisa menggunakan air compressor atau jika tidak punya, seperti saya hanya di tiup tiup doang itu filter nya.

Masalah Pada Karburator nya.

Karburator tentu adalah biang keladi kebanyakan motor brebet, terutama jika kamu sering otak atik settingan angin pada karburator. Jika kamu tidak tepat menyetel setelan angin karburator maka saat putaran gas full biasanya akan terjadi brebet atau tersendat sendat. Oleh sebab itu ada baiknya jika menyetel setelan angin, gas sambil di putar sampai mentok dan dengarkan bunyi mesin brebet atau tidak.
Masalah lain adalah karburator kotor, sehingga bensin tidak tersalur sempurna ke ruang pembakaran. Saat gas full tentu mesin membutuhkan semprotan bensin dan udara yang maksimal, jika kotor maka bisa jadi motor kamu brebet. Solusi sudah pasti buka karburator nya, dan bersihkan menggunakan bensin.

Masalah pada Busi motornya.

Busi bertugas memercikan bunga api dan menyebabkan ledakan di dalam ruang piston. Busi kotor sering bermasalah brebet pada motor anda karena percikan api yang di keluarkan busi mungkin saja kecil. Untuk itu lepaskan busi motor anda dan lakukan pembersihan kerak yang menempel pada kepala busi.

Itu lah sebagian besar biang kerok yang sering menyebabkan motor jalan nya brebet atau tersendat sendat. Semoga dapat membantu anda mengatasi penyakit motor anda.
Kedy Semua ide itu harus dikeluarkan dari kepala.