Suku Dayak Dusun Malang Adat Istiadat

Suku Dayak adalah suku yang besar tidak seperti suku lain di nusantara, suku dayak mempunyai banyak sub suku dayak yang artinya Dayak adalah sebutan kami yang tinggal di Kalimantan dan sub suku kami berbeda lagi, misalkan saja saya adalah suku dayak dusun malang saya mempunyai bahasa yang beda dengan suku dayak yang lainnya namun cara kami bercocok tanam dan cara kami berupacara adat hampir sama kok.

Dusun malang adalah suku dayak yang berada didaerah dalam sungai lahei (anak sungai barito), suku dayak dusun malang umumnya adalah seorang pekebun dan selalu mempunyai ladang padi yang berpindah pindah setelah habis masa panen raya padi biasanya lahan itu akan ditanami buah buahan atau bibit karet namun ladang yang telah di tanami bibit karet/buah tersebut tidak di urus makanya ada banyak juga pohon lain yang ikut besar bersama dengan bibit karet/buah tersebut. Jadi saya marah dong pemerintah bilang suku saya termasuk pengrusak hutan kalau memang suku saya perusak hutan sudah dari dulu kala hutan dikalimantan gundul karena kebiasaan suku saya bukan baru kemarin tumbuh namun telah puluhan tahun silam.

Mengenai adat istiadat suku saya tidak kalah sama suku dayak yang lain juga, disuku saya ada upacara upacara yang dikategorikan sebagai berikut:

Upacara Panen Raya

Jika setelah panen padi suku saya tidak langsung memakan hasilnya namun akan ada upacara yang dilakukan saya lupa pemirsa nama upacara nya apa namun intinya dalam upacara tersebut adalah persembahan kepada penghuni penghuni hutan kalimantan yang telah memberikan kami panen raya. Namun sayang nya acara ini jarang terjadi lagi karena sekarang banyak yang mengenal agama karena itu termasuk persembahan berhala namun bagi kaharingan itu adalah wajib.

Upacara Setelah Kelahiran

Makan tondoy itu adalah nama upacara adat ini, sebagai ucapan syukur kepada Ilahi dan juga minta agar anak yang baru lahir selalu di jaga oleh leluhur dayak dimana pun nanti dia berada.

Upacara Melamar

Bakatane upacara melamar ini dalam bahasa kami, didalam upacara bakatane pihak keluarga calon mempelai akan saling bertemu dan membuat kesepakatan mengenai hubungan calon mempelai.

Upacara Kematian

Wara adalah upacara kematian suku dayak bukan hanya suku saya saja dusun malang namun hampir semua suku dayak yang beragama kaharingan melakukan upacara adat ini. dalam upacara adat ini tulang tulang orang yang sudah meninggal akan diambil dan dipindahkan.

Upacara Penyembuhan

Upacara Badian namanya itu adalah sejenis upacara untuk menolong orang sakit didalam suku saya, orang yang percaya akan upacara ini biasanya memang benar benar sembuh dari sakitnya.

Nah itu sedikit banyak adat dari suku dayak dusun malang, semoga bermanfaat siapa tahu ada anak kuliahan yang mau membuat penelitian dengan suku saya. Namun jangan tanya sama saya ya datang saja nanti saya kenalkan dengan tetua adat yang lebih tahu saya hanya mengetahui garis besarnya saja.