Tabung Pompa Air atau Pressure Tank Pada Pompa Semi Jet Pump dan Jet Pump

Hidup jauh dari sumber air PDAM seperti saya ini sangat susah sekali karena untuk mendapatkan air saja sangat sulit, untung saja sudah ada listrik tersedia disini membuat saya bisa membeli sebuah pompa air semi jet pump dari bintangnya pompa air shimizu.

Namanya juga pertama membeli pompa air saya sangat binggung menentukan pilihan pompa yang bagaimana yang cocok untuk daerah saya yang sumber air hanya ada dibawah gunung sekitar 200 meter dari rumah saya. Saya waktu itu membeli pompa yang ada tabungnya ternyata itu adalah semi jet pump dan saya kira tabung itu kaya turbo bisa menaikkan air dengan kecepatan tinggi namun ternyata saya besar namanya juga 200 meter naik bukit lagi tetap saja air yang naik lemas tidak kencang namun tidak apalah dari pada harus nimba air naik bukit.

Nah untuk kawan kawan semua berasal dari pengalaman saya mencari pompa air ada hikmah yang bisa kamu petik yaitu bahwa tabung yang ada pada pompa air tersebut sebenarnya bukan untuk menambah kecepatan air namun untuk membuat sistem otomatis, jadi begini cara kerjanya itu tabung:
  • Ketika air tidak digunakan (dalam keadaan mati) maka tabung akan kosong.
  • Ketika dihidupkan air akan mulai mengisi tabung pompa itu dan mulai naik tekanan dalam tangki tersebut.
  • Ketika tekanan telah dicapai maka pompa akan otomatis mati, tekanan tercapai karena air keluar ditahan apa itu kran air atau selang terlipat.

Keuntungan Tabung Pompa Air

Seperti banyak dikutip oleh pemilik brand produk sistem pompa dengan tabung akan menghemat listrik, tidak membuat repot harus bolak balik mematikan/menghidupkan pompa. Namun kalau menurut saya kalau menghemat listrik itu tidak, karena faktanya pompa akan panas dahulu baru mati, sedangkan panas didapat dari listrik jelas ini pemborosan energi listrik menurut saya.

fungsi tabung pressure tank