Mengenal Istilah Istilah Di Dalam Toko Online


Jaman internet telah mulai merambah secara pesat di Indonesia sekarang ini, dan yang namanya orang jualan sekarang pada pindah ke dalam dunia digital untuk mendekati para pembeli mereka untuk memberikan pelayanan yang mudah kepada semua calon pembeli mereka.

Dalam dunia toko online ada banyak istilah istilah yang mungkin jika kamu belum pernah berbelanja online akan merasa binggung dengan istilah istilah yang ada, tenang kamu tidak sendiri saya juga dulu binggung dengan istilah istilah mereka (penjual) dalam melayani saya.

Berikut adalah beberapa istilah yang cukup populer mereka gunakan dalam mengiklankan produk mereka;

Sistem COD (Cash On Delivery)

Pernah kah kamu membaca deskripsi suatu produk "tersedia sistem COD untuk daerah xxxx" maksud dari COD adalah kamu membayar ketika barang sudah kamu terima. Biasanya sistem seperti ini dilakukan dalam wilayah tertentu saja. Kalau seperti saya di kalimantan mana ada yang mau pakai sistem COD sama saya.

RekBer (Rekening Bersama)

Nah ini lagi saya dulu waktu awal awal kenal toko online di kaskus binggung sama yang namanya RekBer. RekBer ternyata adalah proses pembelian yang melibatkan orang ketiga yang sebelumnya telah dipercaya oleh kedua belah pihak baik pembeli atau penjual. Biasanya juga ada sebuah perusahaan yang melayani jasa RekBer. Cara kerjanya adalah misalkan Si A adalah Penjual, B adalah pembeli, dan C adalah penyedia jasa Rekber. B membeli sebuah barang dengan A dan B mengirimkan uang ke C sebagai penyedia jasa rekber dan ketika barang di B sudah sampai maka si B akan memberikan informasi kepada si C bahwa barang telah di terima maka C akan mentransfer uang si A dari hasil penjualan barangnya. Jadi begitulah cara kerja RekBer sebagai solusi mengatasi penipuan di dunia maya.

Return dan Refund

Ini juga kamu harus tahu artinya karena ini juga penting, Return artinya adalah suatu barang yang telah kamu beli dapat kamu kembalikan dan ganti dengan barang lainnya. Refund adalah pengembalian barang dan uang pembeli karena barang tidak sesuai dengan pesanan si pembeli.

Testimonal

Biasanya para selaku penjual akan memberikan testimonal kepada para pembelinya, Testimonal artinya adalah sebuah bukti berupa kesan dan pesan dari pembeli terdahulu. Gunanya iya adalah untuk kamu percaya bahwa mereka terpercaya bukan penipuan.

Resi

Nah terakhir nih saya kasih istilahnya yaitu Resi yang merupakan sebuah nomor/angka yang digunakan untuk melacak keberadaan barang yang kita pesan. Resi biasanya diberikan oleh pihak jasa pengiriman barang untuk membantu melacak keberadaan barang kita.