Cara Mengukur Siku Sebuah Bangunan Yang Benar dan Akurat

Dalam langkah pembuatan bangunan baik itu bangunan kayu mau pun beton maka mencari siku adalah hal yg sangat penting, terlebih lagi jika anda membangun sebuah bangunan yang besar, perbedaan sedikit saja akan begitu terlihat.

Umumnya sebuah ruangan didalam rumah bentuknya pastilah kotak dan kemiringan sudutnya tidak lain adalah 90 derajat, kenapa harus 90 derajat? Itu karena agar bangunan yg anda diami dapat menaruh barang yang besar besar seperti lemari, meja, dan lainnya. Maka akibat dari sebuah bangunan yg tidak benar benar siku maka bentuk sebuah ruangan tidak bakal membentuk kotak bisa mengecil atau malah membesar. Memang kalau ruangan kecil dan kalau ada selisih sedikit maka ketidak sikuan bangunan tersebut tidak akan begitu terlihat, beda kalau kamu bangun sebuah gedung misalnya kalau sampai tidak benar benar siku maka bakal kelihatan nyata ketidak sikuan bangunan yg kamu buat.

Dalam mencari siku bangunan maka biasanya para tukang bakal membuat yg namanya bowplank disaat pertama kali pembangunan, bowplank di buat dengan hati hati dan harus lebih besar dari bangunan yg akan dibuat. Misalkan kamu ingin membuat bangunan ukuran 6 x 9 maka bowplank ada di ukuran 6.5 dan 9.5 di lebihkan setengah meter dari ukuran yg bakal dibuat. Di bowplank pula lah tinggi rendah bakal ditentukan dengan menggunakan waterpass sederhana menggunakan selang transparan yg diisi air, dan tidak lupa tali di bentangkan dari setiap sudut yg gunanya untuk mencari siku 90 derajat untuk setiap ruangan.

Maka untuk mencari sebuah siku sebaiknya menggunakan rumus matematika anak SMP yg pernah menginjak kaki di SMP seharusnya sudah tahu dengan yg namanya Rumus Pythagoras. Rumus phtagoras adalah sebuah rumus untuk mencari sisi miring pada sebuah segitiga yg kemiringan sisinya adalah 90 derajat, bukan kah bangunan yg akan kita buat kotak bukan bentuk segitiga? Maka jawabannya iya memang kotak, rumus ini hanya untuk menentukan apakah benar sisi miringnya sudah 90 derajat.
Rumusnya adalah :
AB2 = AC2 + BC2

Dalam mencari sebuah siku bangunan yg kurang lebih seperti digambar dibawah ini.
Cara menentukan siku sebuah bangunan
Sumber gambar "rumus-matematika.com"

Cara mencari kemiringan 90 derajat sebuah bangunan
Sumber gambar "rumus-matematika.com"


Maka contoh cara mencarinya adalah:
AB2 = AC2 + BC2
= 62 + 82
= 36 + 64
= 100AB
= √100
= 10
Jadi panjang sisi AB adalah 10cm, dan kalau panjangnya bukan 10cm maka dipastikan sudut kemiringannya tidak 90 derajat dan artinya bangunan tersebut tidak siku dan harus di perbaiki lagi.

Umumnya banyak para tukang menggunakan sejenis penggaris yg berbentuk L, cara ini memang cukup mudah dan tanpa pusing mikir hitung hitungan perpangkatan seperti diatas namun kelemahan cara ini adalah tidak akurat 100% dan sangat tidak di anjurkan untuk anda menggunakan teknik ini jika mengukur bangunan yg ukurannya besar karena ketidak sikuannya pasti akan terlihat jelas.

Jadi harap kawan kawan ingat untuk menggunakan rumus ini pada saat persiapan pembuatan ayu bowplank, karena cara ini memang terbukti lebih efekif untuk menentukan kesikuan bangunan yg kamu buat, namun selain itu ingat juga untuk mengukur tinggi rendahnya bowplank dengan waterpass dan mengukur tegak tidak nya tiang bowplank yg kamu buat menggunakan Lot (pemberat yg biasanya terbuat dari timah yg digantung untuk menentukan tegak tidak nya suatu bangunan berdiri). Karena kalau ada yg salah maka keakuratan hasil perhitungan siku bangunan kamu bakal meleset.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengukur Siku Sebuah Bangunan Yang Benar dan Akurat"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan kritik dan saran anda. Link aktif dan komentar yang merugikan orang lain tidak akan ditampilkan.