Apa Itu Hosting Dan Bagaimana Cara Kerja Hosting

Pengertian Hosting

Pertama saya mengenal dunia Blogger, saya dulunya sempat membuat sebuah blog self hosted dan akhirnya saya tinggalkan karena saya tidak ada modal mengembangkannya dan kembali memilih pilihan awal yaitu Blogger yg disediakan  Google secara gratis.
Untuk informasi tambahan self hosted artinya adalah sebuah situs mandiri yg semua datanya disimpan pada tempat penyimpanannya sendiri (Hosting).

Lanjut ke topik kita membahas apa itu Hosting, hosting adalah sebuah tempat kita menyimpan data kita secara online untuk kebutuhan situs kita. Hosting itu layaknya sebuah memori micro sd pada ponsel kamu, bayangkan saja semua data kamu disimpan pada memori micro sd kamu, ketika kamu memutar musik maka memori micro kamu akan bekerja memberikan data musik itu untuk di putar.
Maka begitu lah hosting, semua data yg ada di internet disimpan pada sebuah hosting dan ada foldernya juga didalam hosting tersebut. Jadi misalkan kamu membuka facebook, maka disitu kamu akan melihati ada banyak pembaruan dari teman kamu, yang entah sudah beberapa jam tadi dia upload. Data tersebut tersimpan pada hosting nya facebook sendiri, dan ketika kamu log in ke facebook kamu maka kode pemogramman yg ada pada facebook akan memerintahkan memanggil data data yg ada pada hosting mereka. Misalkan saja data teman kamu yg tadi upload status atau gambar maka akan muncul dan dapat terlihat oleh kamu.

Begitulah setidaknya cara kerja hosting, semua yang ada di internet semuanya tersimpan pada sebuah hosting. Dan ada ribuan tempat hosting didunia ini, kalau perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Facebook dan yang lainnya mereka memiliki hosting sendiri dan mempunyai tempat penyimpanan yg besar karena memang data orang yg ada pada mereka milyaran gigabytes.

Penasaran bagaimana bentuk nya yg namanya hosting itu? Lihat dah gambar gambar dibawah ini;
Tempat penyimpanan data facebook

Tempat penyimpanan data google

Data center microsoft didalam laut