Kekurangan dan Kelebihan Motor Matic Di Bandingkan Motor Manual

Saya sendiri sebenarnya pengguna motor matic lawas Honda Beat karburator 2010, dan saya juga telah pernah mempunyai Honda Supra X 125 dulu pinjam punya Bapak saya waktu belum punya motor. Waktu itu zaman zaman nya motor matic sedang ngetrend dan saya pun lantas ikut ikutan trend anak muda membeli matic. Sampai sekarang matic ini masih oke punya, karena memang saya cukup rajin merawat barang barang saya, terlebih lagi ini kaki kedua saya yg digunakan tiap hari.

Setelah beberapa lama ini saya menggunakan matic dan saya rasakan ada begitu banyak kekurangan dari motor matic terlebih lagi bagi kamu yg tidak suka mengurus barang. Ada pun beberapa kekurangan matic di mata saya yg tentu tidak akan kamu jumpai di motor manual diantaranya adalah.



Kekurangan Motor Matic di Bandingkan Motor Manual


Oli nya ada dua macam


Motor matic menggunakan sistem transmisi otomatis, yg tentu saja memudahkan kamu dalam pengoperasiannya. Tetapi mudah dalam pengoperasian nya bukan berarti mudah juga dalam perawatannya yg tentunya ada nilai minusnya yaitu harus membeli oli transmisinya atau sering di sebut oli gardan. Tugas oli ini untuk melumasi gear gear yg ada di sebelah box CVT yg terhubung langsung ke bagian ban belakang motor maticnya. Nah jika kamu tidak teliti dalam penggunaan motor matic dan menganggap remeh akan oli gardan maka siap siap lah ada suara suara aneh dibagian CVT kamu, yg tandanya oli nya sudah tidak kental lagi dan sudah dimakan usia pemakaian maksimum. Berbeda dengan motor manual hanya oli mesin yg menjadi kewajiban kamu untuk diganti.


Ganti Sparepart CVT nya mahal


Sparepart yang ada didalam box CVT diantaranya karet V Belt, Roller, Per CVT, dan kampas kopling biasanya mahal. Jika tidak diganti maka bisa membuat perjalanan anda menjadi tidak nyaman contoh saja jika kampas ganda mau habis. Mau kamu geber gas sampai full namun kenyataan nya motor kamu bakal jalan seperti tidak digeber full gasnya, ini karena kampas ganda tidak menekan mangkuk kopling dengan sempurna dan walau sebenarnya mesin sudah full gas namun hanya sampai kampas ganda saja tidak tersalurkan ke ban belakang motor anda dengan sempurna. Harga sparepartnya ini mahal mahal semua untuk yg jenis original, terutama untuk matic dari Yamaha, Suzuki, dan lainnya. Lumayan murah itu punya nya honda. Beda sama motor manual biasanya kamu hanya perlu ganti gear muka dan belakang lalu sama rantainya yg ori sparepartnya dapat 175 ribu otu di daerah saya lo kalimantan. Mungkin di jawa lebih murah.

Motor Matic Lebih Rendah Dari Motor Manual


Standar dari pabriknya motor matic memang lebih rendah dari pada motor manual yg cenderung lebih tinggi dan juga lebih tahan jika dibawa di jalur keras seperti jalan berlubang, jalan bebatuan, jalan dengan polisi tidur, dan jalan jelek lainnya. Berbeda sama matic yg ban nya saja kecil tentu saja jarak motor dengan tanah tidak begitu tinggi. Jika kamu lewat jalan berlubang atau lewat polisi tidur yg begitu tinggi maka bagian bawah akan tersangkut.

Tidak mampu membawa beban berat


Jika kamu seorang pekerja yg suka bawa bawa barang berat jangan sama sekali naksir sama motor matic, karena kasihan bisa merepotkan kamu pada nantinya. Selain sudah saya jelaskan diatas motor matic itu rendah, motor matic juga mempunyai shock tunggal yg jelas saja sangat beresiko jika kamu paksakan untuk membawa beban yg berat. Saya pernah bawa ibu dan istri saya dibonceng eh ban belakang menyentuh lantai dudukan motor karena shock tidak mampu menahan berat kami bertiga ketika melewati jalan berlubang. Kalau motor manual jelas lebih garang kalau di ajakin bawa barang berat selain shocknya dual dan yg lebih penting punya macam macam jenis tenaga jadi kalau di posisi banyak gunung kaya kalimantan bisa gunakan transmisi 1 agar lebih kuat bawa barang berat.

Musti Rajin Rawat Bagian Box CVT


Yang satu ini musti di perhatiin kalau kamu punya matic jangan main naik saja tiap hari, setidaknya dua bulan satu kali kamu buka bagian box CVT matic kamu lalu kamu bersihkan debu debunya dan kasih grease (minyak gemuk) khusus matic biar umur pakai sparepart dibagian box CVT kamu lebih panjang, kalau tidak begitu maka kamu harus merogoh kantong lebih dalam tiap pergantian sparepart matic kamu. Beda sama motor manual yg bisa terbilang perawatannya sederhana saja, hanya perlu kencengin rantai dan beri pelumasan kepasa bagian rantai motor biar tidak berkarat saja.


Tanpa Aki maka bakal ribet


Kamu kalau memakai motor manual, namun kamu tidak ada biaya buat beli aki maka kamu masih bisa menggunakan kick starter dengan nyaman. Kalau kamu memakai motor matic jangan harap semudah kamu menggunakan motor manual kalau tidak ada aki yg terpasang, karena kamu tahu sendiri motor matic musti wajib di beri kaki pijakan double kalau mau di kick starter. Kebayangkan ribet nya saat di lampu merah motor kamu tiba tiba mati, kapok dah dan malu sama orang di belakang kamu musti ke pinggir buat ngehidupin motor matic kamu. Jadi motor matic itu tanpa aki seperti kopi tanpa gula, pahit rasanya.

Semua kekurangan mengenai matic sudah saya bahas, sekarang beberapa kelebihan Matic menurut saya;


Kelebihan Motor Matic


Buat Bawa Anak Cocok


Buat kamu yang sudah punya anak bakal nyaman naruh anak kamu di depan karena pijakan kaki di motor matic besar dan cocok saja jika anak kamu yg kecil di taruh didepan saat perjalanan.

Cocok buat cewe yang pakai sepatu hak tinggi


Sepatu hak tinggi wanita sudah jelas bakal nyusahin mereka kalau menggunakan motor manual, terlebih lagi jika menggunakan rok dan sejenisnya yg sudah digunakan untuk berkendara motor manual.


Cocok dipasangin Ban Tubeless


Motor matic standar pabriknya memang sudah di pasang jeniz velg bintang, bukan velg jari jari. Jadi bagi kamu yg suka menggunakan ban tubeless tinggal beli saja langsung pasang tanpa musti beli velg segala.


Ada kantong nya di bagian depan


Kantong depan di motor matic adalah bagian plusnya menurut saya, karena kantong yang ada pada motor matic bisa buat nyimpan segala macam benda kecil yg kita bawa. Contohnya kaya permen, rokok dan korek, tissu (biasanya cewe cewe), air mineral, dan lainnya.

Rem semua nya berada di tangan


Berbeda dengan motor manual biasa kita musti olahraga kaki dan tangan, jika menggunakan matic kita hanya perlu tangan yg bekerja untuk narik gas dan melakukan pengeremman.

Kamu sudah tahu kekurangan dan kelebihan matic dibandingkan motor manual, lalu sekarang terserah kamu saja dalam melakukan pemilihan. Namun sebaiknya sih di sesuaikan saja dengan lingkungan kamu tinggal. Misalkan tempat kamu adalah wilayah perkotaan dengan jalan mulus dan juga untuk penggunaan santai bukan untuk di ajak kerja keras memang memilih matic tidak salah namun kalau sebaliknya kamu harus pikir pikir lagi untuk memilih motor manual.