Cara Mudah Menambal Atap Seng Yang Bocor

Seng adalah salah satu jenis atap yang popular di Indonesia, selain harga yang murah ukuran seng juga panjang sehingga sangat menghemat pada saat dipasangkan kea tap rumah Anda. Seng juga mempunyai keunggulan lain diantaranya adalah bobot nya yang ringan sehingga cocok digunakan didaerah yang sering terkena gempa.

Walau menggunakan atap seng itu sangat panas jika disiang hari, namun dengan mengakali memasang atap lebih tinggi dapat mengurangi rasa panas atap seng disiang hari. Saya sendiri mempunyai atap menggunakan Seng karena mudah dalam pemasangan karena bisa digunting terlebih lagi jika atap rumah dibuat bervariasi.

Tapi ada satu kekalahan atap seng yang tidak bisa kita hindari untuk sekarang ini (sekarang ini maksudnya, suatu saat nanti siapa tahu ada teknologi terbaru yang membuat atap seng anti karat).

Karat/korosi adalah musuh terbesar dari atap seng ini karena memang yang namanya air hujan mengandung banyak unsur unsur penyebab korosi diantaranya adalah asin nya air laut dapat menyebabkan korosi pada atap seng.

Jika kita harus mengganti setiap periode tertentu sama saja dengan pemborosan oleh sebab itu saya ada cara buat anda khususnya yang berada di dekat laut korosi sering terjadi pastinya pada atap seng kalian, selain lobang karena korosi cara yang saya bagikan juga cocok untuk lobang karena paku yang mungkin anda menggunakan seng bekas yang mempunyai banyak lobangnya.

Cara menambal lobang atap seng dengan mudah.

Untuk menambal atap seng kalian yang bocor bisa menggunakan bahan yang ada dibawah ini, bahan - bahannya ini mudah sekali di dapat dan pastinya sangat kuat untuk menahan kebocoran.

1. Gabus.

Gabus adalah sebuah sejenis plastik yang akan sangat mudah di hancurkan menggunakan Premium(Bensin). Gabus gampang sekali di dapatkan, setiap membeli alat alat elektronik biasanya bagian bawahnya di lapisi dengan gabus untuk menghindari barang tersebut lecet. Gabus adalah bahan yang tahan dengan segala cuaca jika digunakan sebagai bahan penambal seng, oleh sebab itu saya gunakan ini agar hasil lebih baik. Lihat gambar di bawah ini bagi yang tidak tahu yang namanya gabus.!
cara menambal seng murah dan mudah

2. Bensin, Petralite, atau Pertamax.

Bensin adalah bahan bakar kenderaan kita pada saat ini dan merupakan energy fosil tidak dapat di perbaharui. Dengan bantuan bensin ini lah kita akan menambal atap seng kita yang bocor dengan mudah dan tahan lama pastinya.

Cara mencampur bahan dan pengaplikasian pada atap seng

Ambil sebuah wadah yang sebaiknya adalah wadah yang terbuat dari bahan porselin atau kaca, namun jika tidak ada kaleng bekas juga bisa asalkan kaleng tersebut cukup besar untuk tangan anda masuk ke dalamnya.
Cara mencampurnya sangat mudah, kamu ambil secukupnya gabus yang sudah kamu sediakan tadi lalu kamu masukan bensin secukupnya saja. Sebagai acuan cukup atau tidak bensinnya kamu bisa lihat adonan gabusnya jangan terlalu lembek, adonan gabus yang baik untuk menambal adalah adonan yang lembek seperti adonan kue donat, kalau tidak pernah melihat adonan kue donat atau seperti tanah liat.

Cara Pengaplikasian adalah langsung saja dipasang disaat adonan gabus bercampur dengan bensin tersebut masih lemah dan belum kering. Jika seng nya berpasangan di atap maka kamu bisa memanjat atap rumah mu dan mulai menempelkan adonan gabus tersebut ke lobang lobang yang ada di atas atap seng kamu. Saran saya tambal lah lobang seng anda pada pagi hari karena pada saat itu atap anda tidak begitu panas dan jika di tengah hari adonan gabus anda akan mengeras dan begitu kuat. Lihat gambar adonan gabus yang sudah mongering milik saya dibawah ini.
cara tambal seng dengan gabus


Demikian lah cara sederhana untuk menambal atap seng yang bocor, saya selalu menggunakan cara ini ketika atap seng saya bocor. Dan yang saya sukai tambalan gabus ini mampu bertahan lama sekitar kurang lebih 15 tahun, asalkan anda jangan suka naik ke atas atap seng anda saja biar tambalan nya tidak terlepas dari seng nya.

Sebenarnya di toko toko sekarang ini sudah ada yang namanya tambalan seng, namun saya lebih menyukai cara ini tidak perlu modal hanya perlu bereksperimen saja.