Alasan Kenapa Blog Saya Menggunakan Blogger

Dunia Blog kalau sudah kamu tekuni benar benar sangat menyenangkan, sama hal nya awal awal saya ngeblog saya senang karena saya akan dikenal orang banyak melalui tulisan saya. Namun berangsur waktu tujuan saya ngeblog bukan karena ingin di pandang orang sebagai penulis lagi, namun saya lebih focus senang karena dengan Blog mampu menghasilkan uang karena saya seorang pekerja lepas maka disaat pekerjaan sedang kosong maka ngeblog menjadi tambahan saya.

Jujur semua Blog saya semua ada 3 buah dan semuanya menggunakan plaftrom Blogger, ini menjadi pertanyaan buat beberapa teman saya di facebook, mereka mengatakan percuma bikin Blog di Blogger ribet untuk optimasi SEO nya karena tidak adanya plugin yang mampu membantu meringankan dalam upaya optimasi situs. Namun saya enteng menjawab dan beralasan bahwa saya suka kesederhanaan Blogger dan jaminan aman karena situs saya berdiri dibawah naungan perusahaan yang sangat mendunia yaitu Google. Inc.

Ini lah beberapa alasan kenapa harus memilih Blogger dari pada wordpress self hosted

Blogger itu GRATIS 100%

Hal gratis tidak bisa dipisahkan dari Blogger, dan platform yang paling pertama saya kenal adalah Blogger dan blogger sudah mendarah daging di dalam diri saya. Blogger memang tidak mempunyai hosting sendiri yang bisa kita kelola sendiri. Namun dengan Blogger saya tidak memusingkan urusan hosting dan domain saya kalau tidak mampu beli, menggunakan subdomain Blogspot sudah menjadi kebanggan tersendiri asalkan nampang di rangking page 1 Google saja. Coba kamu lihat mereka yang menggunakan wordpress self hosted tentu mereka setiap bulan/tahun akan memikirkan mengenai pembayaran domain + hostingnya. Kalau kamu tidak membayarnya maka situs kamu bakal tidak dapat di askes orang sama sekali. Membuat wordpress self hosted gratis memang bisa, namun saya sudah mencoba nya hosting gratisan servernya sering down dan tentu membuang trafik karena selama down tentu website kamu tidak bisa di askes oleh orang lain sama sekali.

Blogger itu sederhana.
Jika anda memang benar benar buta dengan dunia Blogging, coba saja daftar saja di Blogger saya yakin dalam waktu 1 hari anda akan mengerti dengan fiturnya (jika anda orangnya cepat menanggap sesuatu) dan maksimal 3 hari (bagi orang yang lamban mengerti). Dari menu postnya saja sederhana disana jelas dimana tempat membold huruf dan sebagainya. Cara mengganti temanya pun gampang di pahami walau kamu buta akan html/css.

Blogger itu aman dan tentram.
Aman maksud saya disini dari serangan orang lain misalkan serangan DDOS atau hal semacamnya yang mengakibatkan situs kamu di ambil alih orang lain. Satu satunya jalan merebut blog anda yang parkir di blogger yaitu dengan cara mendapatkan email gmail anda. Namun jika email gmail anda terbungkus password rapi tentu tidak ada celah bagi mereka mencuri blog kamu. Kalau wordpress termasuk rawan terhadap serangan dan kebanyakan yang saya lihat situs yang parkir di wordpress lah yang sering terkena serangan hacker usil.

Adsense hosted siap di aplikasikan.
Bagi kamu yang menggunakan blogger, tentu ada melihat menu “Penghasilan” di dasbor blog anda nah itulah kemudahan nya menggunakan Blogger karena untuk membuat akun adsense kita bisa langsung askes dari dasbor dan jika sudah diterima kamu juga akan sangat mudah mengatur tata letak dimana iklan adsense anda akan ditampilkan. Di wordpress tidak ada itu menu penghasilan dan jika ingin menjadi penayang iklan adsense di wordpress maka kamu di harus memenuhi persyaratan yang cukup panjang dan waktu review adsense untuk wordpress juga lebih lama di bandingkan dengan situs Blogger. Karena memang Adsense dan Blogger adalah saudara yang sama sama milik Google.

Tidak ada batasan sama sekali dalam mempublikasikan artikel dan tidak ada matinya.
Dengan Blogger memposting sesuatu akan sangat mudah dan tanpa batasan kamu mau posting seberapa banyak tidak akan khawatir akan hal seperti Hosting dan lainnya. Sub domain yang diberikan oleh blogger (blogspot) tidak akan blogger hapus walau blog kamu vakum dalam waktu yang lama, kalau wordpress domain kan bayar, walau yang gratis saja ada tanggal mati domain nya. Kalau blogger di kostum menjadi domain TLD jika domain telah mati (expired) maka kamu masih bisa menggunakan sub domain kamu kembali.

Itulah alasan alasan mengenai kenapa saya menggunakan Blogger dari pada Wordpress, namun karena saya ini adil maka saya juga akan bahas mengenai kekurangan blogger namun dengan cara menutupi kekuranggan nya juga :D.

Blogger optimasi SEO nya ribet.
Sebagai pengguna Blogger saya menerima pernyataan ini, karena memang benar adanya kata mereka mengenai Blogger ini. Namun perlu di catat Blogger itu “SEO nya ribet” nah disini dikatakan ribet “bukan” tidak bisa di lakukan SEO. Sebenarnya Blogger dan Wordpress akan sama sama kuat jika anda benar benar mengoptimalkan SEO blogger, namun hanya saja di Blogger semuanya kamu lakukan manual terkhusus untuk SEO Onpage. Beda sama Wordpress kalau untuk SEO Onpage bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan plugin yang mereka miliki.

Blogger itu rawan di hapus sama Google.
Iya memang benar ada banyak situs diluar sana yang parkir di Blogger dan di hapus sama Google. Namun Google itu melakukan tindakan yang benar dan wajar, bayangkan saja jika rumah kamu dijadikan orang tempat berbuat yang tidak baik dan menyimpang dari norma norma yang ada apakah kamu masih membiarkan orang tersebut tinggal dirumah anda? Tentu tidak dong saya yakin. Begitu lah kira kira Google menghapus situs yang bernaung di blogger yang sering ditemukan melanggar hak cipta orang, memberikan konten kekerasan, porno, dan lainnya yang sama sekali tidak memberikan manfaat yang baik untuk orang lain. Saya sendiri ngeblog untuk mencari teman, berbagi ilmu, dan mendapatkan uang dengan cara halal. Bukannya mau merusak pikiran orang lain yang membaca postingan saya. Jadi kalau ada yang bilang Google itu rawan di hapus Google maka kemungkinan dia pernah buat situs yang isinya tidak beres dan cenderung merusak pikiran orang lain.

Blogger fiturnya kurang banyak
Blogger memang sengaja membuat fiturnya minim dan saya yakin sekali itu memang di sengaja, Alasan fitur nya yang begitu minim ini adalah karena Blogger ingin orang diluar sana yang masih sangat polos dengan dunia blogging dapat mengerti akan semua fitur dasar Blogging. Jujur semua yang ada di Blogger semuanya adalah fitur dasar dan sangat cocok untuk belajar bagi para pemula. Anda pernah melihat halaman utama Blogger ketika anda dalam keadaan sign out akun google maka anda akan melihat disana tertulis “Buat Blog Mudah dan Gratis” arti dari mudah adalah arti kesederhanaan Blogger.

Pilih Blogger atau Wordpress Self Hosted
halaman about Blogger


Blogger atau Wordpress Self Hosted yang harus saya pilih…?

Jika kamu bertanya harus memilih menggunakan yang mana diantara kedua plaftrom ini, maka kamu bisa pertimbangkan beberapa hal agar nantinya tidak menyesal terutama ketika sudah beli domain dan juga hosting tapi malah salah pilih kan begitu rugi.

Jika kamu memilih wordpress, maka pertimbangkan dulu mengenai hal berikut:

Apa kamu sudah ada akun adsense non hosted?
Mereka yang menggunakan wordpress self hosted pada umumnya sudah mempunyai akun adsense non hosted, karena jika sudah mengeluarkan dana modal untuk membeli domain dan menyewa web hosting maka seharusnya modal kamu bisa di putar balik. Jika kamu belum mempunyai adsense non hosted maka pikirkan lah dahulu karena daftar adsense non hosted sekarang ini begitu susah, adsense hosted saja susah apa lagi non hosted. Solusi membeli akun adsense non hosted orang lain tidak lah solusi yang baik karena kita tidak tahu asal muasal akun adsense orang tersebut.
Beda cerita jika kamu mau bangun blog untuk bisnis lainnya, misalkan kamu mau bangun situs untuk jualan online atau situs untuk komunitas kamu maka tidak memiliki adsense non hosted bukan lah masalah buat anda.

Apa kamu sebelumnya sudah pernah mempunyai Blog?
Wordpress self hosted tampil dengan berbagai macam fitur yang nanti akan mubajir jika kamu tidak punya pengalaman ngeblog sama sekali. Kamu tidak tahu ini atau itu, sebelum membuat Wordpress self hosted dengan modal sendiri, lebih baik kamu coba buat wordpress self hosted gratis dulu buat belajar mengenali berbagai macam fitur di Wordpress self hosted. Baca : Cara membuat blog wordpress self hosted gratis.

Apa kamu pernah atau bisa menulis Blog?
Tentu lucu ada orang bikin blog dengan domain TLD dan menyewa web hosting namun artikelnya tidak ada, walau pun ada isinya tidak karuan. Saya jujur saja belum pernah menjumpai situs wordpress self hosted yang isi blog nya tidak jelas. Rata rata mereka yang saya jumpai di situs yang parkir di wordpress self hosted adalah mereka yang pandai merangkai kata kata, walau pun artikel tersebut re-write (menulis ulang) dari situs orang lain.

Pada intinya anda yang memilih wordpress self hosted, setidaknya sudah paham dengan dunia Blogging walau tidak harus 100% namun dengan menggunakan wordpress self hosted orang yang memilikinya di anggap sudah professional dalam blogging. Jika untuk belajar bisa gunakan Blogger atau kalau memang ngotot mau menggunakan wordpress maka buat akun wordpress yang gratis saja dengan menggunakan domain dan web hosting gratisan. Namun jangan pikir kalau akun wordpress gratis bisa menghasilkan uang banyak karena faktanya web hosting gratisan sering down karena digunakan oleh orang banyak. Kalau untuk belajar memang sangat cocok.

Demikian artikel saya mengenai Blogger dan Wordpress, saya menggunakan Blogger memang karena saya belum siap untuk memiliki wordpress self hosted baik dari segi materi, ilmu, dan keahlian menulis saya masih sangat kurang. Namun bagi saya mempunyai Blogger ini lebih dari cukup karena buktinya saya mampu berinteraksi dengan orang banyak dengan situs gratisan saja. Walau saya akui untuk mengoptimalkan situs blogger ini sangat sulit dan menguras banyak waktu dan tenaga, namun sepadan kok nanti sama hasilnya.
Akhir kata dari saya jika ada kekurangan yang tidak saya sadari mohon anda tambahkan saja.
Kedy Semua ide itu harus dikeluarkan dari kepala.