iPhone dan Android, Mana Yang Lebih Baik.

Zaman sekarang smartphone sudah jadi fenomena umum, dari anak TK saja sudah banyak yang mainin smartphone padahal masih belum bisa membaca :D. Dari semua smartphone jika kita benar benar meneliti ada dua jenis os (operating system) dari smartphone yang begitu popular dan bersaing sangat ketat dan saling berlomba membuat inovasi terbaru di setiap peluncurannya.

Yang saya maksud dua os tersebut tidak lain adalah Iphone (IOS) dan juga Android, ini adalah dua platform terkenal di masa ini untuk memperebutkan hati milyaran orang di dunia ini. Karena begitu populernya dua os ini membuat banyak orang binggung dalam menentukan pilihannya, terlebih iPhone sekarang sudah bisa didapatkan dengan harga murah untuk iPhone Refurbished, sehingga ikut membuat Android goyang didalam bersaing dikelas menengah ke bawah. Nah biar tidak binggung maka nya saya memberikan anda semua sekilas mengenai keunggulan dari masing masing os keduanya ini.

Keunggulan dan Kekurangan Antara iPhone dan Android.


Kelebihan dan Kekurangan dari iPhone (IOS)

perbedaan iphone dan android

iPhone adalah barang berkelas

iPhone adalah sebuah barang yang di ciptakan khusus oleh perusahaan Apple.inc dan tidak ada perusahaan mana pun yang mempunyai hak paten untuk membuat perangkat iPhone. Ini lah yang membuat iPhone menjadi sebuah smartphone berkelas karena ekslusif dan tentu saja orang yang menggunakan iPhone khususnya iPhone terbaru akan dinilai sebagai orang yg berkelas.

iPhone Mempunyai Keamanan Tingkat Tinggi.

Jika anda pernah mendengar kabar mengenai terror bom di San Bernardino, California. Teror tersebut dilakukan oleh sepasang suami istri yang menewaskan 14 orang, sementara kedua pelaku suami dan istri meninggal ketika baku tembak dengan petugas keamanan disana. Nah ketika pelaku meninggal pihak FBI menemukan sebuah ponsel iPhone 5C yang menggunakan IOS 9 dan sialnya lagi ponsel tersebut terkunci dengan kunci empat digit saja namun walau pun empat digit, jelas saja membongkarnya sangat mustahil karena kalau 10 kali salah memasukan kata sandinya maka ponsel akan otomatis melakukan penghapusan data dari penggunanya. Padahal yang sangat penting adalah data dari iPhone tersebut yg dibutuhkan oleh FBI, meminta bantuan dari Apple pun percuma karena iPhone akan sangat merahasiakan data dari para penggunanya dan mereka tidak mau kehilangan para konsumennya karena hal tersebut. Dan satu satunya pihak ketiga yang mampu membongkar kata sandi tersebut adalah perusahaan cellebrite yaitu perusahaan yang berasal dari Israel dan khusus membantu aparat hukum membongkar kejahatan. Jadi inti dari semua itu adalah iPhone terkenal sangat aman dan tenang data yang bersifat pribadi tentu saja tidak bisa sembarang orang membongkar nya.

Performa iPhone Tangguh, bahkan dengan Ram minim sekali pun.

Kalau masalah performa, saya bukannya menceritakan pengalaman orang lain namun saya telah membuktikan sendiri bahwa perangkat iPhone memang benar benar gahar dalam masalah spesifikasi. Saya pernah memainkan game HD menggunakan emulator PSP untuk IOS dan bukan main itu perangkat walau hanya menggunakan ram sebesar 500MB namun kelancarannya menjalankan game tersebut begitu mulus. Dan kebetulan saja teman saya mau memainkan game tersebut di Androidnya dengan ram sebesar 1 GB, begitu udah jalan, memang bisa saja jalan namun suara lengket lengket kayak kaset rusak. Jadi saya sangat mempercayai iPhone bukan sembarang barang walau pun hanya ram 500mb namun performa masih wuss.

Menikmati Pembaharuan OS secara terus menerus

IOS kan selalu melakukan upgrade terhadap IOSnya dengan peningkatan peningkatan yang tentu saja untuk konsumennya. Nah baiknya iPhone selalu menyediakan pembaharuan terbaru terhadap perangkat lamanya. Jadi kamu yg punya iPhone 4 masih bisa lakukan upgrade ke IOS 9.

Nilai jual kembali relative tinggi

Jika sewaktu waktu kamu bosan menggunakan iPhone maka kamu bisa menjual iPhone dengan harga yang tinggi sesuai dengan pasaran. Terlebih jika garansi yg digunakan adalah garansi internasional dan tidak ada lecet yang berarti maka nilai jual kembali akan lebih baik lagi.


Kekurangan iPhone Adalah Sebagai Berikut;

Tidak tersedianya Slot Memori SD
Entah kenapa yang namanya iPhone tidak ada tempat melakukan upgrade memori dengan menggunakan memori cabut (lebih dikenal memori SD). iPhone hanya menerapkan memori internal (memori telepon) bervariasi dari yang 6 GB sampai 32 GB dan tentu saja dengan harga yang menyesuaikan.

Harga perangkatnya yang mahal
Karena seperti yang saya katakan diatas adalah bahwa iPhone itu ekslusif maka oleh sebab itu nilai barang yang satu ini begitu mahal dan mustahil bisa dicapai masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Namun solusinya kamu bisa mencoba menggunakan iPhone Refurbished dengan harga yang relative murah.

Susah di oprek
Karena tingkat keamanan yg tinggi, oleh sebab itu sangat sulit melakukan penjelahan lebih dalam ke system ios ini. Apa lagi jika anda menggunakan IOS versi terbarunya.

Jika diatas adalah semua mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari IOS maka sekarang kita membahas mengenai Android. Saya juga sebenarnya pengguna setia Android si “Robot Hijau”.

Kelebihan Android di antaranya;

perbedaan antara android dan iphone

Harga bervariasi dari Mahal sampai Murah.
Sebagai masyarakat di Negara yang masih berkembang tentu saja kita lebih menyukai perangkat yang harganya relative, tidak begitu mahal dan tidak begitu murah juga. Android itu bebas dikembangkan siapa saja perusahaan yang ingin menggunakan OS Android ini, oleh sebab itu ada banyak varian dari Android dan juga tentu saja ada banyak variasi harganya dari yg mahal sampai yg 500 ribu pun bisa kamu jumpai.

Lebih bebas melakukan kostumisasi dan jelahi system dari Android.
Kamu suka membuat hal hal menarik.? Seperti bikin ikon sinyal 4G, bikin tampilan kaya iPhone dan hal hal menarik lainnya bisa kamu lakukan hanya dengan melakukan root terhadap Android kamu.

Fitur Mudah di mengerti (User friendly)
Di Indonesia banyak orang tua tua yg sama sekali buta dengan teknologi, mempelajari sesuatu yg begitu komplek akan membinggunkan. Namun dengan tampilan yang sederhana dan jelas tentu saja android akan mudah di pahami mengenai fitur fiturnya.

Service mudah di dapat, terkhusus bagi yang tinggal di pelosok.
Ditempat saya adalah kabupaten, didalam daerah Kalimantan namun ditempat saya jika ponsel sejenis iPhone tidak akan bisa diperbaiki disini kecuali di kirim ke service center iPhonenya sendiri. Kalau android teknisi nya banyak, bahkan di kota kecil seperti tempat saya ini.

Memori lebih luas.
Memori android tidak hanya mengandalkan memori internal seperti halnya iPhone, namun di Androi kamu bisa menambahkan memori dengan memori micro sd (eksternal) rata rata kamu bisa mengupgrade memori kamu sampai 32 Gb.

Banyak varian nya.
Kamu suka dengan fitur apa yg kamu inginkan di Android.? Misalkan kamu suka fitur sidik jari, fitur tahan air dan debu, fitur kamera super mulus, dan fitur lainnya? Semua nya ada dengan pilihan merk yang bermacam macam.

Kekurangan smartphone Android.

Lebih mudah di bobol/disusupi.
Tingkat keamanan Android tentu lebih rendah dari iPhone, hal ini yg membuat Android tidak cocok untuk menyimpan data yang sifatnya sangat penting. Khususnya kamu yg udah di root androidnya adalah sasaran paling rentan.

Performa kurang maksimal.
Menurut saya system operasi terlalu besar memakan sumber daya (RAM) yang menyebabkan Android dengan RAM 1 GB akan kalah melawan performa iPhone 500MB.

Tidak bisa menikmati update OS Android terbaru secara terus menerus.
Jika iPhone 4 masih bisa mengupdate ke IOS 9, namun beda dengan Android. Ponsel saya adalah Samsung Galaxy Grand Prime awalnya adalah Kitkat, pas ada update ke Lollipop smartphone saya masih bisa update, tetapi ketika ada update terbaru yaitu Marshmellow smartphone saya tidak dapat bagian lagi. Ini adalah kekurangan terbesar menurut saya, karena misalkan ada aplikasi seru yang hanya bisa di nikmati Android Marshmellow saya tentu saja tidak bisa menginstalnya kecuali saya menggunakan Custom OS.

Sekian sedikit banyak mengenai kelebihan dan kekurangan dari macam macam OS antara Android dan IOS, oleh sebab itu anda bisa memutuskan sendiri mana yg lebih cocok untuk Anda. Dan yang pasti os mana yang lebih bersahabat dengan kantong Anda pastinya. Tentu saja kita selalu menginginkan yg terbaik, namun tetap saja uang yang bertanggung jawab.

Kedy Semua ide itu harus dikeluarkan dari kepala.