Seleksi Foto Menggunakan Lasso Tool

Seleksi Foto Menggunakan Lasso Tool, Dalam edit mengedit di Photoshop, penggunaan tool untuk melakukan seleksi foto sangat perlu di kuasai, bukan hanya di kuasai sebenarnya namun juga harus di ilhami agar dalam melakukan seleksi foto benar benar rapi.
Lasso Tool adalah sebuah alat yang biasa saya andalkan ketika ingin melakukan seleksi sebuah foto, penggunaan dari Lasso Tool juga cukup mudah itu lah yang membuat saya memilih menggunakan Lasso Tool. Walau pun kita diharus untuk cukup teliti dalam menggunakan tool ini karena jika kurang teliti maka hasil akan terlihat jelek.

Ada 3 buah jenis alat dari Lasso Tool:


Lasso Tool

Cara penggunaan alat ini untuk seleksi adalah klik mouse kiri anda dan tahan mouse, lalu mulai gerakan mengikuti bagian yang akan diseleksi.
Cara seleksi foto menggunakan Lasso Tool


Namun dalam penggunaan Lasso Tool ini, tidak bisa di andalkan untuk menyeleksi foto lebih mendetail karena ketika sudah mengklik kita tidak bisa melepaskan klik kita jika kita lepaskan maka akan terseleksi bagian yang tidak kita inginkan.

Polygonal Lasso Tool

Nah awal awal saya belajar Photoshop dan mulai melakukan seleksi pada sebuah foto baik itu untuk memotong, merubah background, menghapus background, dan lainnya. Saya menggunakan Polygonal Lasso Tool karena penggunaanya cukup mudah, yaitu kamu perlu mengklik mouse kiri disetiap lekukan lekukan foto karena tool ini berupa garis lurus dan ketika ada lekukan maka perlu di klik agar bisa membelokkan garisnya.
Cara seleksi foto menggunakan Lasso Tool


Kekurangan tool ini menurut saya pribadi, Polygonal Lasso Tool ini tidak ampuh dalam menyeleksi rambut khususnya rambut wanita.

Magnetic Lasso Tool

Alat ini bekerja menyeleksi sesuai warna yang ada. Kita hanya di haruskan untuk mengklik di pertama memulai penggunaan Tool ini, lalu susuri saja tepian foto yang ingin anda seleksi maka akan otomatis melakukan seleksi sesuai dengan warna objek. Kekurangannya jika warna objek yang ingin diseleksi sama dengan warna background belakangnya maka sering kali magnetic lasso tool nya salah melakukan seleksi.
Cara seleksi foto menggunakan Lasso Tool


Itulah beberapa tips dari saya dalam melakukan seleksi foto dengan menggunakan Lasso Tool. Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan seleksi foto dan jika saya tulis semua sobat bakalan bosan karena saking panjangnya postingan saya. Saya akan membagikan postingan Cara seleksi foto di Photoshop yang lainnya nanti lagi.