Cara Mengembalikan File Yang Berubah Menjadi CHK

Cara Mengembalikan File Yang Berubah Menjadi CHK.

Tadi sore datang ipar saya dia mengeluh semua file yang ada di memori SD kok malah hilang katanya, padahal memori tersebut menyimpan banyak foto dan video karena memang itu memori di pasang di kamera nya. Dia sempat pasrah dengan semua kenangan yang ada di dalam kartu memori tersebut, namun langkah terakhir dia bertanya sama saya.

Langkah pertama saya yaitu mengecheck kapasitas yang tersedia dan digunakan oleh memori tersebut, caranya yaitu klik kanan pada drive penyimpanan tersebut lalu pilih “Property”. Di situ pada tab “General” ada informasi jumlah memori yang telah digunakan, berapa jumlah memori yg tersedia dan berapa jumlah memori keseluruhannya. Kebetulan memori ipar saya adalah memori 32GB, saya lihat kapasitas yang telah digunakan sekitar 30GB lebih, tapi kok didalam drive tersebut kosong dan tidak ada data sama sekali. Langkah kedua saya yaitu menggunakan anti virus buatan Indonesia yaitu merk Smadav, lalu saya scan pada bagian drive penyimpanan memori sd milik ipar saya. Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya muncul folder found000 yang ternyata di Hidden dengan sendiri nya dan super hidden, karena itu saya centang folder Found000 dan saya show hidden agar file tersebut bisa muncul didalam folder drive memori sd.

Ketika folder found000 saya buka, ternyata isi nya hanya file dengan nama tidak jelas dan ekstensi tidak jelas yaitu ekstensi CHK. File0001.chk dan seterusnya seperti itu berurutan. Saya coba Tanya sama Google dan saya mendapatkan sebuah aplikasi gratis (Freeware) yang bisa mengembalikan file nya ke ekstensi asalnya. Cara penggunaannya mudah dan juga tidak begitu sulit di pahami.

Bagi kamu yang ada masalah dengan file kamu yang berubah ekstensi menjadi CHK, sebaiknya kamu simak tutorial berikut untuk mengatasinya.

Pertama scan dulu drive flashdisk / card reader kamu yang hilang file nya, kamu bisa melakukan scan menggunakan anti virus smadav (rekomendasi) dan munculkan file yang terhidden tersebut ketika smadav telah mengidentifikasi file anda terhidden.

Kedua kamu silahkan download software freeware yang nantinya bisa kamu download secara gratis, nama software freewarenya yaitu “unCHK”. Ini berguna untuk merubah ekstensi file CHK menjadi ekstensi aslinya.

Ekstrak software “unCHK” nya dan klik dua kali untuk membukanya.

Ketika sudah terbuka, silahkan kamu pilih drive tempat penyimpanan kamu entah itu flashdisk/kartu memori sd.

Lalu pilih folder di dalam drivenya, biasanya folder nya bernama “Found000” lalu kamu klik “ok”

Ketika klik “ok” nanti ada pilihan mau metode yang bagaimana maksudnya, mau cepat atau akurat..? saya menyarankan memilih yang “Hard drive” dan klik “Ok” lagi.
File Yang Berubah Menjadi CHK


Setelah itu tunggu saja, sampai scanning software unCHK benar benar selesai sampai 100%.
Nah jika ada yang masih belum paham, monggo di tanyakan.

Kedy Semua ide itu harus dikeluarkan dari kepala.