Apa itu Disk Space dan Bandwith di Web Hosting.

Sebenarnya saya agak binggung mau membuat judul bagaimana, jadi saya buat seadanya seperti di atas agar kawan kawan mudah dalam mencari informasi yang lebih relevan.

Baik lah kita kembali ke topic, yang sengaja saya buat karena memang di awal awal saya mengenal dunia wordpress self hosted dan ingin membeli hosting, saya menjadi binggung. Jika para blogger professional tentu nya sudah paham betul dengan istilah nama yang ada di web hosting.

Biar waktu kita berlarut, saya akan menjelaskan beberapa istilah yang sering di berikan pada keterangan paket web hosting, di antaranya adalah:

Disk Space

Tentu kamu ketika sedang melihat lihat paket yang di tawarkan oleh provider web hosting, akan menemukan istilah misalnya; Disk Space = 2000Mb. Nah lalu apakah itu disk space..?
Disk space adalah sebuah istilah untuk memberikan informasi jumlah penyimpanan yang tersedia oleh web hosting, jadi ketika kamu membeli hostingan yang disk space nya sebanyak 2000MB maka kamu hanya di perbolehkan memasukan data kamu ke web hosting tersebut sebanyak 2000MB saja. Lalu jika suatu saat disk space yang 2000 MB tersebut penuh, maka kamu tidak bisa lagi menambah foto, plugin, video, dan lain lain di situs wordpress self hosted kamu.

Kalau di ponsel, disk space sama dengan memori internal dan jika di komputer sama saja dengan harddisk. Jika penuh, iya tentu saja tidak bisa di masukan data lagi.

Bandwith

Bandwith di web hosting, sama saja dengan bandwith di paket internet ponsel kamu jika habis maka kamu tidak bisa internetan. Bandwith pada web hosting adalah istilah untuk penggunaan jumlah data yang dikirimkan oleh “server” kepada pengunjung anda. Jadi semakin banyak orang yg mengunjungi situs anda, jelas bandwith anda akan cepat habis, terutama jika situs anda mempunyai widget yang banyak dan banyak gambarnya. Untuk itu jika anda mempunyai blog yang ramai, gunakan lah bandwith yang unlimited. Oh iya, bandwith itu di reset setiap satu bulan sekali ya.! Jika bandwith anda habis sebelum satu bulan maka situs anda akan lumpuh (tidak bisa di askes).


Jadi begitu lah arti dari istilah Disk Space dan Bandwith, semoga memberikan anda pengetahuan untuk memilih web hosting yang cocok untuk situs anda.
Kedy Semua ide itu harus dikeluarkan dari kepala.